Beberapa Bahan Outsole Atau Bahan Sol


Untuk belanja product fashion kita terkadang bingung memilih bahan yang terbaik, terlebih saat belanja on-line karena kita tidak melihat langsung kwalitas barang yang akan dibeli. Banyak sekali jenis bahan sol yang digunakan dalam membuat beragam jenis product fashion, berikut adalah sebagian bahan outsole atau bahan sol yang dapat diberikan:

RUBBER SOLE
Rubber sole atau yang biasa disebut sol karet ini sering digunakan untuk sepatu safety atau sepatu lapangan, sol berbahan rubber ini tidak memiliki masa expired (kadaluwarsa), selain kuat dan lentur, sol ini juga bisa ditambah jahitan di samping di lem dan di press. Tetapi ada pula kekurangan dari sol ini yaitu lebih berat dan lebih licin.
Keunggulanya: Kuat dan lebih lentur di banding bahan yang lain.
Kekuranganya: Lebih licin dibanding sole bahan lain dan lebih berat.

PU (POLYRETHINE)
PU (polyrethine) adalah bahan tipe sol polyurethane adalah bahan sole yang anti slip, ringan dan tahan pada minyak (oil resistant) bila dibanding dengan sol berbahan lain, sol pu (polyrethine) ini tergolong mahal, dan memiliki expired date atau kadaluwarsa, bila telah kadaluwarsa maka sol berbahan pu (polyrethine) ini akan hancur dengan sendirinya seperti sepotong roti bila dibiarkan dalam waktu yang lama.
Keunggulannya: Tahan pada minyak (oil resistant), ada anti slip dan lebih enteng.
Kekurangannya: Memiliki expired date bila sole lama tidak digunakan jadi akan gampang hancur, bahkan juga dapat hancur sendiri seperti satu roti jika dibiarkan lama, harganya lebih mahal di banding sole berbahan lain.

TPR (THERMO PLASTIC RUBBER)
TPR (thermo plastic rubber) adalah campuran dari bahan plastic dan rubber tetapi sol berbahan ini memiliki kekurangan yaitu kurang elastis biasanya sol berbahan ini cocok digunakan untuk poduksi sepatu yang tahan air, karena bahannya menggunakan campuran dari bahan plastic dan rubber jadi sol berbahan ini tidak licin.
Keunggulan: Enteng, lebih keset bila digunakan tempat yang ada air.
Kekurangan: Kurang elastis.

PVC (POLYVINYL CHLORIDE)
PVC (polyvinyl Chloride) adalah bahan sol yang terbuat dari bahan campuran plastik dan karet, tetapi lebih banyak bahan plastik dari pada bahan karet.
Keunggulan: Sol lebih enteng dan keras.
Kekurangan: Licin dan kurang elastis.

SPONGE OUTSOLE
Sponge Outsole adalah Sol dengan bahan yang lembut dan biasanya digunakan untuk sandal santai berbahan spons.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Beberapa Bahan Outsole Atau Bahan Sol"

 
Template By Kunci Dunia Related Info Safety Shoes
Back To Top