5 Cara Memilih Sepatu Gunung yang Berkualitas

Jadi seseorang pendaki gunung dibutuhkan mental dan fisik yang kuat dan mesti dapat bertahan hidup. Kenapa? Sebab perjalanan mendaki puncak tidaklah gampang, perlu kesabaran dan ketahanan badan.

Terkecuali mental dan fisik yang kuat, mendaki gunung juga mesti diperlengkapi dengan fasilitas prasarana mencukupi, yakni alat-alat spesial untuk mendaki gunung, seperti carier atau tas gunung, tali, matras, jas hujan, perlengkapan keamanan yang lain, dan sepatu safety gunung.

Oh ya, saat anda memilih sepatu gunung, yakinkan kalau jenis sepatumu pas sesuai sama medan berat yang akan dilewati. Anda tak dapat asal tentukan sepatu gunung demikian saja.

Ada banyak hal penting yang perlu di perhatikan seperti bahan sepatu, jenis sepatu, sol sepatu dan lain sebagainya.

Sepatu gunung yang baik dan berkualitas yaitu sepatu dengan bahan yang tebal dan tak gampang sobek, sol yang kuat, dan sesuai sama medan yang akan dilewati. Sepatu gunung mesti bisa melindungi kaki agar tak cedera saat pendakian.

Sebelumnya beli sepatu gunung, sebaiknya anda perhatikan terlebih dulu bagaimana caranya memilih sepatu gunung yang baik dan berkualitas.

1. Bahan

Saat anda beli satu product, maka perhatikan dahulu bagaimana kwalitas bahan. Yakinkan kalau bahan sepatu gunung yang akan anda beli, nyaman dipakai.

Bahan sepatu gunung yang baik umumnya terbuat dari kulit sintetis. Keuntungan bahan sepatu dari kulit sintetis yaitu kuat dan mempunyai aliran yang baik bagi kaki.

Tetapi hati-hati jika perawatannya salah, kulit sepatumu akan gampang pecah-pecah. Baiknya jauhi bahan sepatu gunung dari kanvas dan karet karena cepat sobek dan tak melindungi kaki.

Terkecuali bahan sepatu yang terbuat dari kulit sintetis, sepatu gunung harus juga berbentuk anti air atau waterproof, tahan goncangan, dan tak pengap.

Yakinkan kalau sepatu gunungmu komplit dengan bantalan di bagian dalam, yakni dibagian leher sepatu agar nyaman dipakai dan bermanfaat membuat perlindungan pergelangan kaki.

2. Sol Sepatu

Saat memilih sepatu gunung, hal penting selanjutnya yaitu sol sepatu. Pastikan sepatu gunung dengan punggung yang lebih tinggi agar bisa menancap dengan baik di permukaan tanah.

Baiknya, tentukan sepatu gunung dengan bagian tumit yang besar, lentur, dan kuat, terbuat dari karet atau sintetis. Tentukan juga sepatu dengan jahitan kuat dan ikuti bentuk kaki agar nyaman saat mendaki.

3. Jenis Sepatu

Terdapat banyak jenis sepatu gunung yang banyak dipakai, yakni sepatu yang berleher pendek, berleher tengah, dan berleher tinggi. Untuk sepatu gunung berleher pendek, tak melindungi mata kaki, hingga dapat mengakibatkan lecet.

Jenis sepatu berleher pendek umum dipakai untuk mendaki gunung dengan medan yang enteng atau sebatas olah raga outdoor. Sepatu gunung berleher tengah artinya melindungi mata kaki tetapi tak keseluruhnya.

Jika sepatu berleher pendek dan berleher tengah dipakai untuk mendaki gunung dengan medan terjal dan berat, maka akan mengakibatkan kaki cedera dan lecet.

Sedang jenis sepatu gunung berleher tinggi, begitu direferensikan bagi pendaki gunung karena bisa melindungi mata kaki keseluruhannya dan akan tidak mengakibatkan lecaet atau cedera.

Sepatu gunung berleher tinggi umum dipakai untuk mendaki gunung dengan medan yang terjal dan berat.

4. Ukuran

Bagi beberapa pendaki, disarankan memilih sepatu gunung dengan ukuran semakin besar, agar berikan kelonggaran pada kaki untuk dapat bergerak leluasa dan tak terasa sempit saat dipakai mendaki.

Sepatu gunung adalah satu diantara barang peralatan atau fasilitas yang harus di perhatikan untuk kenyamanan dan keselamatan kaki. Janganlah lupa gunakan kaos kaki juga ya!

Baiknya pakai kaos kaki berbahan wool karena nyaman dipakai dan tebal. Bahan wool begitu menyerap keringat dan akan membuat kakimu jadi hangat.

5. Hati-hati Menjaga Sepatu Gunung

Jika anda telah memperoleh sepatu yang bagus dan berkualitas, maka janganlah lupa untuk merawatnya dengan hati-hati.

Saat sepatu gunung yang anda gunakan basah dan kotor, maka ada cara sendiri untuk merawatnya agar cepat kering. Cara menjaga sepatu gunung yang basah tak bisa asal karena akan mengakibatkan sepatu gampang rusak.

Langkahnya yaitu dengan membiarkan sepatu ada ditempat yang teduh dan biarlah angin mengeringkan sepatunya.

Janganlah sekali-sekali menjemur sepatu segera di bawah cahaya matahari karena akan membuat sepatu jadi keras dan kaku. Selanjutnya, sepatu safety online jadi kurang nyaman dipakai.

Jauhi juga menaruh kaos kaki didalam sepatu, karena tak baik untuk aliran hawa. Kaos kaki akan membuat sepatu jadi pengap.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk " 5 Cara Memilih Sepatu Gunung yang Berkualitas "

 
Template By Kunci Dunia Related Info Safety Shoes
Back To Top