18 Konsep Kerja Aman di Kelistrikan



Satu lingkungan kerja yang aman tidak selamanya cukup untuk mengatur semua bahaya listrik prospek. Anda harus benar-benar waspada serta kerja dengan aman. Konsep kerja aman akan menolong Anda mengatur Anda serta seseorang atas efek luka atau kematian dari bahaya dalam tempat kerja. jual sepatu safety bisa menjadi solusi untuk kamu.


Bila Anda kerja pada circuit listrik atau mungkin dengan beberapa alat kelistrikan, Anda perlu memakai ikuti Konsep Kerja Aman:

Konsep no. 1
Jauhi contact dengan circuit listrik tambah energi. Kemungkinan anda memikir ini ialah hal yang wajar serta siapa saja ketahui itu. Tetapi ingat jika suatu hal yang jelek berlangsung - Anda kemungkinan tidak mempunyai peluang ke-2.

Konsep no. 2
Perlakukan semua piranti listrik seakan-akan pada kondisi menyala. Sebab anda tidak pernah tahu bila berlangsung beberapa hal yang tidak diharapkan.

Konsep no. 3
Matikan sumber listrik sebelum melakukan perbaikan perlengkapan listrik. Anda harus pastikan hal itu.

Konsep no. 4
Pakai cuma alat serta perlengkapan dengan non-konsuktor saat mengatasi piranti listrik.

Konsep no. 5
Jangan pakai pensil logam, cincin atau watchbands logam saat kerja dengan perlengkapan listrik. Konsep ini benar-benar gampang terlewatkan. Anda haru tetap siaga.

Konsep no. 6
Jika dibutuhkan untuk mengatasi perlengkapan yang dipasang, tekankan tangan yang kering serta, jika kemungkinan, menggunakan sarung tangan nonconductive, baju pelindung serta sepatu dengan sol terisolasi.

Konsep no. 7
Bila aman untuk melakukan, kerja dengan cuma satu tangan, jaga bagian lain disamping Anda dari semua bahan konduktif. Aksi penjagaan ini kurangi peluang kecelakaan yang menyebabkan arus yang lewat rongga dada.

Konsep no. 8
Minimalisir pemakaian perlengkapan listrik di ruang yang dingin atau wilayah lain dimana terdapat banyak bahan konduktor listrik.

Konsep no. 9
Bila air atau bahan kimia yang tumpah ke perlengkapan, matikan listrik pada saklar atau circuit penting pemutus serta cabut perlengkapan.

Konsep no. 10
Bila ada masalah seorang terserang arus listrik / tersetrum, jangan sentuh perlengkapan, kabel atau orang. Bebaskan / matikan sumber listrik serta Anda harus benar-benar tenang supaya tidak membuat keadaan semakin jelek.

Konsep no. 11
Jangan memercayakan dasar untuk tutupi circuit yang rusak atau berusaha untuk melakukan perbaikan kekeliruan dengan masukkan sekering lain atau pemutus, khususnya satu dari kemampuan yang semakin besar.

Konsep no. 12
Keringkan kapasitor sebelum kerja di dekat mereka serta jaga jalinan pendek pada terminal semasa kerja untuk menahan sengatan listrik.

Konsep no. 13
Jangan sampai sentuh perlengkapan atau kontrol listrik piranti seseorang terkecuali diperintah untuk melakukan.

Konsep no. 14
Tutupi semua contact listrik serta konduktor untuk hindari ketidaksengajaan pekerja saat bersinggungan dengan contact listrik & konsuktor.

Konsep no. 15
Jangan sampai sempat mengatasi perlengkapan listrik saat tangan, kaki, atau tubuh pada keadaan basah atau berkeringat, atau saat berdiri di lantai basah.

Konsep no. 16
Jika dibutuhkan untuk sentuh perlengkapan listrik (contohnya, saat mengecek motor begitu panas), memakai punggung tangan. Jadi, bila syok tidak disengaja yang mengakibatkan kontraksi otot, Anda tidak pada keadaan "beku" saat tersengat listrik.

Konsep no. 17
Jangan simpan cairan gampang terbakar di dekat perlengkapan listrik.

Konsep no. 18
Jangan menggunakan baju longgar saat ada dekat sama perlengkapan listrik.

Kecuali 18 Panduan Konsep Kerja Aman di atas, salah satunya langkah mengantisipasi bahaya Listrik dengan memberi training / pelatihan Pakar K3 listrik pada pekerja yang berkaitan untuk tingkatkan kapabilitas mereka. Silahkan click link berikut untuk ketahui Pelatihan Pakar K3 Listrik paling dekat di Jakarta serta Surabaya.

Demikian ialah keterangan tentang 18 Konsep Kerja Aman di Kelistrikan. Mudah-mudahan berguna.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "18 Konsep Kerja Aman di Kelistrikan"

 
Template By Kunci Dunia Related Info Safety Shoes
Back To Top