Beberapa macam Alat Pelindung Diri



TOPI
Topi dipakai untuk tutup rambut serta kulit kepala hingga serpihan kulit serta rambut tidak masuk ke cedera selam pembedahan. Topi harus lumayan besar untuk tutup semua rambut. Walau topi bisa memberi beberapa perlindungan pada pasien, tapi arah intinya ialah membuat perlindungan penggunanya dari darah atau cairan badan yang terpercik atau menyemprot. jual sepatu safety bisa menjadi solusi untuk kamu.

GAUN PELINDUNG
Gaun pelindung dipakai untuk tutupi atau mengubah baju biasa atau seragam lain, di saat menjaga pasien yang diketahui atau diduga menanggung derita penyakit menyebar lewat droplet / airbone. Penggunaan gaun pelindung khususnya ialah membuat perlindungan pakaian serta kulit petugas kesehatan dari sekresi respirasi. Saat menjaga pasien yang diketahui atau diduga menanggung derita penyakit menyebar itu, petugas kesehatan harus kenakan gaun pelindung tiap masuk ruang untuk menjaga pasien sebab ada peluang terpercik atau tersemprot darah, cairan badan, sekresi atau eksresi. Pangkal sarung tangan harus tutupi ujung lengan gaun seutuhnya. Bebaskan gaun sebelum tinggalkan ruang pasien. Sesudah gaun dilepaskan, tekankan jika baju serta kulit tidak contact dengan sisi yang prospek terkontaminasi, lalu bersihkan tangan selekasnya untuk menahan berpindahnya organisme.

Gaun pelindung harus dipandang seperti alat pelindung diri. Gaun pelindung spesial untuk pekerjaan dengan sumber – sumber bahaya spesifik misalnya :

Pada Radiasi Panas
Gaun pelindung untuk radiasi panas, radiasi harus dilapis bahan yang dapat mencerminkan panas, umumnya Alumunium serta bercahaya. Bahan – bahan baju lain yang berbentuk isolasi pada panas ialah : 1000⁰ C, katun, asbes ( jika sampai 500 ⁰C ).

Pada Radiasi Mengion
Gaun pelindung harus dilapis dengan timbal umumnya berbentuk apron. Baju ini seringkali dipakai dibagian radiologi.

Pada cairan serta bahan – bahan kimia.
Umumnya dibuat berbahan plastic atau karet

4. APRON
Apron yang dibuat dari karet atau plastik, adalah penghambat tahan air untuk selama sisi depan badan petugas kesehatan. Petugas kesehatan harus kenakan apron di bawah gaun penutup saat lakukan perawatan langsung pada pasien, bersihkan pasien, atau lakukan mekanisme dimana ada risiko tumpahan darah, cairan badan atau sekresi. Ini penting bila gaun pelindung tidak tahan air. Apron akan menahan cairan badan pasien tentang pakaian serta kulit petugas kesehatan

5. PELINDUNG KAKI

Pelindung kaki dipakai membuat perlindungan kaki dari luka karena benda tajam atau benda berat yang kemungkinan jatuh dengan cara tidak menyengaja ke atas kaki. Oleh karenanya, sandal. " sandal kempit " aau sepatu yang dibuat berbahan lunak ( kain ) jangan dikenai. Sepatu boot karet atau sepatu kulit tertutup memberi semakin banyak perlindungan., tapi harus dijaga masih bersih serta bebas kontaminasi darah atau tumpahan cairan badan lain. Penutup sepatu tidak dibutuhkan bila sepatu bersih. Sepatu yang tahan pada benda tajam atau kedap air harus ada di kamar bedah. Satu riset mengatakan jika penutup sepatu dari kain atau kertas bisa tingkatkan kontaminasi sebab sangat mungkin darah merembes lewat sepatu serta sering dipakai sampai di luar ruangan operasi. Selanjutnya dilepaskan tanpa ada sarung tangan hingga berlangsung pencemaran. ( Summers et.al. 1992)

6. PERANAN DUK

Di beberapa negara duk umumnya dibikin dari linen persegi yang dijahit dari beberapa ukuran. Digunakan untuk membuat medan operasi di sekitar satu irisan, membungkus instrumen serta barang – barang yang lain untuk sterilisasi, penutup meja di ruangan operasi serta membuat hangat pasien semasa mekanisme bedah ( OR Manajer 1990a ). Tipe penting duk adalah :

DUK KECIL / LAP
Digunakan untuk keringkan tangan, membuat medan operasi sisi – empat ( untuk ini dibutuhkan beberapa duk kecil), serta membungkus instrumen kecil dan peluit. Umumnya dibikin dari kain katun semakin tebal daripada linen yang lain, yang membuatnya semakin tahan air.

DUK SEPRAI
Digunakan untuk batasi medan operasi serta membuat ruangan kerja, atau untuk membungkus piranti instrumen. Umumnya dibikin dari katun mudah serta cuma memberi sedikit perlindungan.

DUK BOLONG
Memiliki lobang yang bulat di tengahnya yang diletakkan pada medan operasi yang disiapkan. Duk ini khususnya dipakai untuk mekanisme – mekanisme bedah minor ( irisan kecil ).

DUK PEMBUNGKUS
Duk luas sebagai penutup meja pada saat bungkus instrumen dibuka. Duk penutup ini harus lumayan luas untuk memuat isi satu bingkisan pada saat dibuka, serta bisa tutupi semua permukaan meja.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Beberapa macam Alat Pelindung Diri"

 
Template By Kunci Dunia Related Info Safety Shoes
Back To Top